Kamis, 15 September 2011

Home made Tempe


Bismillahirrahmanirrahiiim......

karena di thailand tidak ada tempe, maka dimulailah perjalanan membuat tempe.....:)...maklum, sebagai orang jwa tulen yg dibesarkan dengan menu tempe, jadinya sudah sangat suka dengan lauk satu ini....*sepertinya tempe harus dipatenkan oleh Indonesia...hehehehe....
ada beberapa macam cara membuat tempe, saya sempat mencoba 3 diantaranya, tapi menurut saya ini cara yg akhirnya saya sreg, karena lebih mudah....:)

1. Memilih kedelai - pilih yg sudah kemasan sudah dibelah 2 / split soybean....kl di Thaland sini saya memakai merk Raitip....ini untuk memudahkan saja dalam proses2 selanjutnya
2. cuci bersih kedelai hingga bersih , sampai airnya bening....bisa 7-10 kali pencucian
3. rebus kedelai sampai mendidih, jadi kedelai direbus bersama air saat dijerang diatas kompor....(dulu saya memakai cara kedelai dimasukkan saat air sudah mendidih, tapi kl cara yg ini, kedelai langsung direbus hingga mendidih). Panci jangan ditutup saat merebus, agar g meluber. Saat merebus bisanya akan timbul buih2 busa, itu wajar, jika mencucinya kurang bersih, biasanya busanya semakin banyak...:D
4.  Setelah mendidih, cuci kedelai hingga bersih,rendam selama 24 jam...selama merendam tidak perlu ditutup, karena pengalaman saya, jika ditutup, maka air rendaman akan berbuih...:D
5. setelah 24 jam, cuci bersih kedelai, kemudian rebus hingga mendidih.
6. Angkat dan tiriskan, saya menaruhnya di nampah kemudian diletakkan diatas wadah berlubang, agar uap panas yg dari bawah bisa cepat terbuang ...:D...bisa juga dengan menggunakan kipas angin / hair dryer sambil kedelainya dibalik2 pakai centong..:D
7. Cek kadar kekeringan kedelai, jika dipegang , sudah tidak ada air yg menempel di telapak tangan
8. Taburi Ragi Tempe....1 sendok mini (munjung) , sendok yg untuk ngaduk2 gula, biasanya tersedia di 7-11...
9. ratakan.....saat meratakan maka agak terasa ada gerindil2 kecil di tangan
10. Masukkan ke plastik yg sudah dilubangi..saya memakai plastik 6x9 inch, dengan takaran 290 gr
11. beri ruang ...kalau saya, saya ukur sepanjang jari kelingking dari plastik paling atas (ukuran 6x9 inch), kemudian saya clip, atau bisa juga memakai api lilin untuk melekatkan plastik
11.Tata di rak, tutup dengan koran yg banyak
12. Setelah 30 jam sejak peragian maka akan terlihat keringat kecil2 pertanda si ragi sudah mulai bekerja.....jika ini sudah terlihat, maka sudah bisa agak lga, karena pertanda insyaAllah tempenya jadi...tp kl yg terlihat butiran keringatnya besar2...kemungkinannya tempe tidak berhasil terbentuk...:)...tapi tetap tunggu saja...dan tetap berdoa...hehehehe
13....tunggu hingga tempe jadi...biasanya butuh waktu 4 hari dari mulai perendaman hingga berbentuk tempe...:)





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar